Sunday 4 December 2016

Aula Simfonia di Jakarta, Tempat Konser Musik Klasik Serasa di Austria

Menyaksikan konser musik atau paduan suara di Austria menjadi impian saya sejak TK. Maklum, penggemar berat ‘Sound of The Music’ jadi alam bawah sadar sudah menyatakan harus ke negeri tersebut. Walaupun sudah menjejakkan kaki ke Eropa namun saya belum memiliki kesempatan menyaksikan konser musik di Austria. Malah di Belanda saya menyaksikan bulek-bulek bermain gamelan...hehehe...


Oh kiranya, kini di dekat rumah-pun ada tempat konser musik klasik asyik yang beroperasi sejak Oktober 2009! Tepatnya di Kemayoran Jakarta Pusat yang hanya berjarak sekitar 7 kilometer dari rumah. Jujur, saya kagum pertama kali menyaksikan konser di ruangan ini. Apalagi pertama kali saya menyaksikan orchestra Palestina yang level-nya memang sudah international. Saat datang saya masuk dari ruang parkir bawah, sehingga belum ada kesan khusus selain gedung yang di depannya terlihat kubah serta salib besar. Dari parkiran langsung menuju lift dan keluar dari lift terdapat loket pada umumnya. Bahkan lebih terlihat keren loket tiket nonton di sinema. Barulah setelah memasuki ruangan konser saya terkagum-kagum seperti anak pasar induk yang masuk auditorium hotel berbintang 6....hihihi...



Setelah beberapa tahun sejak menyaksikan The National Palestine Orchestra saya hanya berulang kali melewati gedung ini, maka di tahun 2016 (Minggu, 9 Oktober 2016) saya  kembali  menyaksikan konser Paduan Suara, sanguinis choraliensis : The Gift of Music dalam rangka merayakan 20 tahun Batavia Madrigal Singers. Saat menyaksikan Palestine National Orchestra saya tidak dapat berfoto disana, maka kedua kali saya dapat berfoto bersama ketiga teman (Jeng Dina, Mbak Shita, Mpok Siti). Tetapi catatan untuk kalian : Jangan pernah mencuri foto saat konser berlangsung!!! Sungguh hargailah diri kita dengan tidak melakukan hal ini padahal sudah terdapat peringatan sebelum konser dimulai.

Square Piano antik dari brand piano favorit saya :)

Apa sih istimewanya Aula Simfonia Jakarta?

  • The Best Concert Hall in AsiaOne of The Best Concert Hall in The World – Ruangan Konser Terbaik se-ASIA. Menurut informasi ASJ mempunyai akuistik yang sangat baik, tidak pernah menggunakan speaker atau sound system lainnya saat pertunjukan musik berlangsung. Desain ruangan benar-benar maksimal dirancang memenuhi persyaratan konser tingkat international. Kerennya lagi nih, kwalitas suara Aula Simfonia Hall lebih baik dari concert hal di Jerman, Korea, Jepang, China, Hong Kong dan Singapore. Ah really? Bagaimana dibandingkan dengan di Austria? Entahlah. Doakan saya segera membandingkannya secara langsung.
  • Perencanaan pembangunan Aula Simfonia Jakarta  dilakukan oleh Pendeta Stephen Tong. Beliau merancang, mendesain dan mengawasi pembangunannya gedung ini. Di gedung ini pula terdapat Gereja Reformed Injil Indonesia dan sekolah Kristen. Tergambar jelas melihat salib gagah yang berdiri di depan gedung. Namun Aula Simfonia Jakarta telah menjadi kebanggaan Indonesia karena kwalitas concert hall yang memenuhi kelas dunia. Tak perlu khawatir pula bagi umat Muslim yang ingin melaksanakan shalat, karena teman saya sempat melakukan shalat di mushola mungilnya yang terdapat di gedung tersebut. Jika ingin melaksanakan shalat di masjid besar, tak jauh dari gedung ini juga terdapat Masjid Agung Kemayoran.
  • Biaya untuk membangun Aula Simfonia Jakarta konon hanya memerlukan dana US $ 11 juta. Jika dibandingkan dengan pembangunan Esplanade Concert Hall Singapore dana yang diperlukan adalah US $ 68 juta.
  • Di sini terdapat pipe organ, yakni alat musik tertua di dunia, dan keindahan suaranya juga terindah di dunia. Pipe organ tersebut diproduksi tahun 1962  dengan 3.217 pipa dan berat 10 ton. Ah sayangnya, selama 2x menyaksikan konser di sini saya belum menanyakan kepada petugas yang mana pipe organ tersebut.

Dengan adanya concert hall yang berkwalitas seperti ini, maka sangatlah layak jika kita merekomendasikan tamu-tamu dari luar negeri, khususnya pecinta musik klasik untuk menyaksikan konser musik di Aula Simfonia Jakarta yang beralamat di Jln Industri Blok B14 Kav.1 Jakarta Pusat.

No comments:

Post a Comment