Sunday 30 April 2017

Wisata di Kawasan Kelapa Gading - Pulo Mas - Rawamangun


Festival Fashion & Food terbesar di Jakarta yang diadakan setiap tahun (Dok.BozzMadyang)
Tidak seperti tahun-tahun sebelumnya tahun 2015 hingga 2016 saya blas gak keluar pulau Jawa. Ngubleg aja terus diseputaran Jawa. Tapi gak masalah sih kalau hanya kerap berkunjung "menghabisi" daerah wisata di pulau ini,toch daerah Jabodetabek saja banyak "wahana" yang belum sempat saya telusuri. Nggak perlu jauh-jauh deh,dalam radius 1 - 3 kilometer dari tempat tinggal saja masih ada area yang belum saya ubleg2 kembali, diantaranya :

Desain pengembangan equestrian untuk Asean Games 2018 (Dok.PT Pulo Mas Jaya 
  • Pacuan Kuda Pulo Mas, area pacuan kuda international ini sedang dalam tahap rebuilding untuk persiapan Asian Games 2018. Lokasi Pacuan Kuda ini hanya berjarak sekitar 200an meter dari rumah saya. Ketika  masih SD/SMP saya seringkali bermain sepeda dan berfoto-foto bersama sepupu di area Pacuan Kuda. Setiap Minggu pagi diadakan senam bersama - pesertanya kebanyakan lansia, tapi kami yang masih SD dengan pede mengikuti gerakan-gerakan yang diberikan oleh instrukturnya. Di sekitar Pacuan Kuda juga terdapat pedagang makanan yang bahasa kerennya disebut "street food", bahkan sejak SD sampai 2 tahun lalu saya bersama keluarga seringkali menikmati bubur ayam Pulo Mas yang berada di Kantin Pulo Mas. Namun sejak pembangunan kembali Pacuan Kuda yang dimulai tahun lalu, kami belum menemukan lokasi pindahnya "Kantin Pulo Mas" tersebut. Untungnya sekarang ada Bubur Ayam Banyumas yang sama lezatnya (namun beda versi) dengan bubur ayam langganan saya sejak SD itu. 
  • Velodrome alias arena balap sepeda akan menjadi arena  balap sepeda bertaraf international pertama di Indonesia. Memang sebelumnya Velodrome ini sudah menjadi arena balap sepeda bertaraf international, dan sekarang dipermegah kembali sesuai dengan rencana beberapa tahun sebelumnya. Seru-nya lagi nih, di depan velodrome juga sedang proses pembangunan jalur LRT rute Velodrome - Kelapa Gading. Yeaaah, keren banget deh sekitar sini. Berwisata kuliner di daerah ini??? Tenaaang, di Rawamangun banyak kuliner ngehitz bagi semua kalangan usia. Harga-harganya juga sangat terjangkau, apalagi di sekitar lokasi terdapat universitas negeri, dan berbagai universitas swasta terkenal. Boleh dikatakan kawasan ini di"kepung" oleh universitas terkenal, seperti UNJ, STIE, ASMI, Trisakti, Jayabaya, Kalbis, dll. 
  • Danau Ria Rio Pulo Mas .Jujur aja, saya belum pernah mampir kesini sejak dijadikan taman terbuka walaupun ratusan kali melewatinya. Kurang sreg karena seringkali saya melihat taman ini dijadikan tempat berpacaran remaja-remaja yang sepertinya kurang dana. Iyeee, pacaran gratis ye dimarih?  :p Semoga saja pimpinan daerah yang baru nanti dapat menertibkan dan membersihkan taman ini dari remaja-remaja yang berpacaran disana. Tambah mushola, taman bacaan, taman bermain dan cafe yach, Pak! 
  • ITC Cempaka Mas .Ini salah 1 pusat perbelanjaan terbesar di Asia Tenggara. Memang seringkali jika kesini terdengar suara pengumuman agar rombongan wisata dari Malaysia/Brunei/Singapore diminta berkumpul karena waktu belanja mereka telah habis. Masjid yang berada di pusat perbelanjaan ini juga sangat memadai. Mukena-mukena yang bersih dan harum terpelihara, dilengkapi dengan buku-buku bacaan Islami.   
  • Kelapa Gading . Daerah yang 1 ini sudah menjadi kota mandiri yang mapan. Mall-nya aja ada beberapa, dan selalu ramai. Mall Kelapa Gading sampai terangkai 5 mall (plus La Piazza), Mall Artha Gading dan Mall of Indonesia. Belum sebulan ini beroperasi Tera Bella Lifestyle yang letaknya berseberangan dengan apartmen Pulo Mas. 
  • Sarana olah raga di sekitar sini juga sangat banyak, selain Pacuan Kuda Pulo Mas, Velodrome Rawamangun dan Lapangan Golf Rawamangun. Sarana olahraga bertaraf international lainnya adalah : Klub Kelapa Gading. Disini terdapat kolam renang ukuran olimpic, dan lapangan bulutangkis-nya rutin dipakai oleh pasangan Allan Budi Kusuma dan Susi Susanti. Kenal mereka? Yess, mereka adalah pasangan peraih medali emas Olimpiade pertama yang dipersembahkan untuk Indonesia.
Kolam Renang Klub Kelapa Gading (Dok.Pribadi)
Masih banyak lagi tempat di sekitar Kelapa Gading – Pulo Mas dan Rawamangun yang bisa dikunjungi, bahkan pusat pemerintahan mudah di jangkau dari area – area ini. Demikian pula dengan tempat wisata Ancol, Jakarta International Expo Kemayoran, airport Halim Perdana Kusuma dan Pelabuhan Tanjung Priok.Nah di bulan Mei saya berulang tahun dan berminat untuk staycation serta melakukan me time di property yang dikelola oleh property management. Tentunya saya memilih properti yang tidak terlalu dekat dengan area yang saya sebutkan diatas, agar mendapatkan suasana baru.
Semoga tercapai di hari ulang tahun saya :)

2 comments:

  1. Wah sudah lama saya gak ke Jakarta. Kangen banget, apalagi wisatanya banyak sekali. Btw sukses ya tulisanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuk piknik ke Jakarta lagi :)
      Terima kasih bw-nya dan sukses selalu jg yach...

      Delete